PENGARUH KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DAN BELUM BERSERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN SE-KABUPATEN SAMBAS

Purniadi Putra

Abstract


Sertifikasi pendidik dimaksudkan sebagai kontrol mutu hasil pendidikan, sehingga seseorang yang dinyatakan lulus dalam ujian sertifikasi pendidik diyakini mampu melaksanakan tugas mendidik, mengajar, melatih, membimbing, dan menilai hasil belajar peserta didik dan sangat berpengaruh dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Seberapa Besar Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi  terhadap Prestasi Belajar Siswa, (2) Pengaruh Kinerja Guru Belum Bersertifikasi  terhadap Prestasi Belajar Siswa, (3) Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
Penelitian ini adalah penelitian survei dan ex post facto (kausal komperatif). Dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel dan 2 kelompok yaitu variabel pertama kinerja guru dengan kelompok kinerja guru bersertifikasi dan kinerja guru belum bersertifikasi.Penelitian populasi dengan subjek penelitian yaitu Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi di MIN Se-Kabupaten Sambas yang berjumlah 63 guru. Pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji validitas instrumen dengan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas dengan koefisien alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan manova (menguji perbedaan mean). Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kinerja Guru pada Guru Bersertifikasi  Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MIN Se-Kabupaten Sambas yang ditunjukkan dengan nilai 0,393 atau 39,3%. Hasil Kinerja Guru Bersertifikasi dinilai rendah yang  dipengaruhi oleh variabel Prestasi Belajar Siswa di MIN Se-Kabupaten Sambas. (2)Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kinerja Guru Belum Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MIN Se-Kabupaten Sambas dengan nilai rendah yang ditunjukkan dengan nilai 0,257 atau 25,7% dari variabel  Prestasi Belajar Siswa. (3)terdapat pengaruh positif dan signifikan Kinerja Guru Pada Kelompok Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa di MIN Se-Kabupaten Sambas juga cukup tinggi yakni masing-masing 0,926 dan 0,166.


Keywords


Kinerja Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi; Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2017, JMIE : Journal of Madrsah Ibtidaiyah Education, p-ISSN: 2580-0868, e-ISSN: 2580-2739