KONTRIBUSI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 SAMARINDA

Abdul Razak, Sitti Rahmawati

Abstract


Abstrak : IPA adalah mata pelajaran yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan saja hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta-fakta, konsep atau prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pelajaran IPA dapat dijadikan wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dengan alam sekitar yang selanjutnya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui strategi pembelajaran contextual teaching and learningdapat memberi kontibusi terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MIN 2 Samarinda. Sebab strategi pembelajaran CTL memiliki kelebihan di antaranya pembelajaran menjadi lebih bermakna dan riil,pembelajaran lebih produktif dan mampu menumbuhkan penguatan konsep siswa atau konstruktivisme. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi strategi contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MIN 2 Samarinda.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan satu variabel bebas dan satu variabel terikat yaitu strategi contextual teaching and learning (CTL) dan motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Samarinda dengan jumlah populasi sebanyak 115 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling menggunakan rumus Taro Yamane atau Slovin dengan jumlah 53 responden. Adapun pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan koefisien korelasi product moment dengan bantuan program SPSS versi 20.0.

Berdasarkan hasil analisis secara kuantitatif maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi positif yang signifikan antara strategi contextual teaching and learning terhadapmotivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MIN 2 Samarinda dengan kategori sedang dengan nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0.05, nilai r hitung = 0.567>r tabel = 0.271 dengan derajat kebebasan (dk) yaitu 53 – 2 = 51. Adapun hasil nilai t hitung= 4.918>t tabel = 2,008,sedangkan koefisien determinasi (r2) menunjukkan persentase sumbangan strategi contextual teaching and learningterhadap motivasi belajar siswa sebesar 32.2% dan 67,8% ditentukan oleh faktor lain.


Keywords


contextual teaching and learning;motivasi belajar;ilmu pengetahuan alam

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v3i1.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2017, JMIE : Journal of Madrsah Ibtidaiyah Education, p-ISSN: 2580-0868, e-ISSN: 2580-2739

 

Indexed By: