PENGGUNAAN BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Aulia Akbar, Nuri Annisa, Rahman Rahman

Abstract


Berawal dari rendahnya kemampuan literasi siswa, khususnya kemampuan membaca. Pada penelitian ini peneliti mencoba mencari alternatif yang dapat membantu siswa dalam memudahkan kegiatan literasi yang ada di sekolah. Salah satu upaya yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan big book. Tujuan penelitian ini yaitu penulis ingin mengetahui bagaimana penggunaan big book dalam pembelajaran membaca pemhaman di kelas V serta ingin mengetahui peningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 242 Margasari Kota Bandung yang mengacu kepada kriteria menjawab pertanyaan, menuliskan pikiran utama, menuliskan tema bacaan dan menyimpulkan isi bacaan dengan menggunakan media big book. Manfaat dari penelitian ini yakni siswa diharapkan menjawab pertanyaan isi bacaan, menuliskan pikiran utama, menuliskan tema bacaan menumbuhkan minat baca yang tinggi dan pembelajaran menyenangkan menyenangkan. Di samping itu diharapkan guru mampu melakukan perbaikan perencanaan dan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran serta diharapkan peneliti dapat melakukan kolaboratif dengan praktisi di lapangan, sehingga menambah wawasan dan masukan untuk mengajar di LPTK. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa Sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk melihat perilaku, minat, dan kebiasaan belajar siswa.

 


Keywords


Big Book; Membaca Pemahaman; siswa

Full Text:

PDF

References


Cartwright, K. B., & Marshall, T. R. (2015). A LONGITUDINAL STUDY OF THE ROLE OF READING MOTIVATION IN PRIMARY STUDENTS ’ READING COMPREHENSION : IMPLICATIONS FOR A LESS SIMPLE VIEW OF READING. 1–37. https://doi.org/10.1080/02702711.2014.991481

Hartati, T., dan Cuhriyah. (2015). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung:UPI Press.

Hartati, T. (2015). Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk Membangun Kelas Literat dan Kemampuan Multiliterasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Serantau , 2 (2), hlm. 271-287.

Ibrahim, G.A. dkk. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Juwantara (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 9, No. 1, Hal. 27 – 34

Kemendikbud. (2016). Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Mullis, I.; Martin, M.; Foy, P.; Drucker, K. (2012). PIRLS 2011 International Result in Reading. United States : TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.

Nudiati, D., & Sudiapermana, E., (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling. Vol 3, No 1 pp 34-40.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

USAID. (2014). Best Practices for Developing Supplementary Reading Materials. Jakarta: USAID.

USAID. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK : pembelajaran literasi kelas awal di LPTK. Jakarta: USAID.

USAID. (2015). Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: USAID.

USAID. (2014). Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS): MATERI UNTUK SEKOLAH PRAKTIK YANG BAIK SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI). Indonesia: Research Triangle Park, NC 27709-2194.




DOI: http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v6i1.400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2017, JMIE  (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), p-ISSN: 2580-0868, e-ISSN: 2580-2739

 

Indexed By: