TIKTOK: DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA DITINJAU DARI KEBIASAAN MEREPETISI DAN PENAMBAHAN DIKSI DI SDN PIYUNGAN

Sabna Az-zahra Wahyudi Putri, Ryan Aditya Hermawan, Icha Amalia A.S, Arfi Ryan Thoriq

Abstract


Pada saat ini anak-anak tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi dan media sosial. TikTok merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati karena tayangan video yang menarik terutama di kalangan anak-anak. Terdapat berbagai variasi atau ragam bahasa yang digunakan dalam media sosial TikTok. Keragaman variasi bahasa tersebut menyebabkan munculnya diksi-diksi baru yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video TikTok terhadap keterampilan berbicara pada anak-anak ditinjau dari kebiasaan merepetisi diksi-diksi baru. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan objek kajiannya adalah siswa kelas 1 dan 2 di SDN Piyungan. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian yakni siswa setuju bahwa kata-kata dari TikTok digunakannya saat berkomunikasi dengan orang lain melalui kebiasaan merepetisi dan penambahan diksi. Sehingga media sosial TikTok dapat mengembangakan keterampilan berbicara pada anak.


Keywords


TikTok; variasi bahasa; keterampilan berbicara; diksi

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148.

Cahyono, A. S. (1). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Damayanti, R. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka, 5(3), 261-278.

Kurniawan, P. N. D. (2021). Pengaruh Video Tiktok Terhadap Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Sd Di Kecamatan Moyudan (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Maulana, R. (2022). Proposal Penelitian Korelasi Penguasaan Kosakata Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa SMA Negeri 2 Batang Anai.

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nurfathiyah, Pera. 2011. Pemanfaatan Video Sebagai Media Penyebaran Inovasi Pertanian. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. No 52. Universitas

Pardede, O. B., Sianturi, V. U., Tarigan, C. J. J., & Surbakti, P. Y. B. Eksperimentasi Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pidato. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 42-57.

Prayitno dan Erman Amti, 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16-22

Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui model pembelajaran audio visual berbasis android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92-98.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31-37.

Sugiarto, E. (2019). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skiripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sukartiningsih, W. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok: Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sdn Trosobo II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(9), 3188-3197.

Zahirah, Z. (2022). Proposal Penelitian Metodologi Penelitian Bahasa Indonesia: Hubungan Antara Keterampilan Menyimak Dengan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Sma 8 Negeri Padang. Jurnal Bahasa Indonesia, 1-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v6i1.412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2017, JMIE  (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), p-ISSN: 2580-0868, e-ISSN: 2580-2739

 

Indexed By: